Daerah  

Cornelis Menjadi Narasumber Sosialisasi Program Strategis kementrian ATR/BPN Di Bengkayang

STRATEGINEWS. Id. Bengkayang Kalbar- Anggota Komisi II DPR-RI Fraksi PDI Perjuangan Daerah Pemilihan Kalimantan Barat 1 Drs. Cornelis, MH sebagai narasumber sosialisasi program strategis kementrian agraria dan tata ruang badan pertanahan Nasional di Hotel Lala Golden Bengkayang pada Kamis (19/10/2023).

Cornelis menyampaikan, betapa pentingnya sertifikat tanah, betapa pentingnya Hak Milik. Sertifikat tanah ini sangat kuat dan bisa diwariskan secara turun temurun, berbeda dengan Hak Guna Bangunan, berbeda Hak Guna Usaha, berbeda dengan Hak Pakai dan berbeda dengan Hak Pengelolaan.

Menurut Cornelis, karena tanah orang bisa jadi kelahi. Kalau ingin mengajukan sertifikat tanah harus ada perencanaan terlebih dahulu. Kepala Desa dan Camat itu harus tahu membuat perencanaan, kalau perlu di dalam Musrenbang itu sudah masuk,” katanya.

Cornelis menjelaskan, selain perumahan yang disertifikatkan, tolong juga perkebunannya yang di sertifikatkan. Sertifikat ini adalah salah satu program Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo supaya rakyatnya punya kepastian hukum,” jelasnya.

Kalau sudah bersertifikat dipasang patok bersama-sama dengan orang yang berbatasan dan disaksikan oleh pejabat Desa setempat,” kata Mantan Gubernur Kalbar 2 Periode ini di depan Ratusan masyarakat yang menerima sertifikat.

Oleh karena itu, apa yang telah disampaikan ini, betul-betul dimanfaatkan dengan baik, sehingga apa yang menjadi persoalan kita di lapangan semakin tahun semakin baik,” harap Cornelis lagi.

(Man)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *