Operasional Tol Tebing Tinggi-Siantar mundur ke September 2024

STRATEGINEWS.id, Medan — Sempat digadang-gadang bahwa Jalan Tol Tebing Tinggi-Siantar sudah beroperasi efektif di awal 2024, namun rencana itu diundur hingga ke September 2024.

Mengapa diundur adalah karena persoalan tanah. Ada 47 bidang lahan yang hingga saat ini masih dalam proses pembebasan, khususnya di Seksi 4 Serbelawan-Pematangsiantar. Adapun Seksi 3 Tebing Tinggi-Serbelawan, sudah rampung.

Hal tersebut disampaikan Sekretaris Perusahaan Hutama Marga Waskita (Hamawas), Ergi Pramadita, bersama antara lain EVP Sekretaris Perusahaan PT Hutama Karya (Persero), Tjahjo Purnomo, dalam media gathering PT Hutama Karya (Persero) di Medan, Jumat (2/2/2024).

Diketahui, Tol Tebing-Siantar sepanjang 58 km adalah bagian dari ruas Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Parapat (Kutepat) dengan total panjang 143,24 km.

“Ada sekitar 47 bidang, itu karena memang itu merupakan kendala di penyelesaian konstruksi. Namun secara overall ruas kami dari Kuala Tanjung-Tebing Tinggi sampai ke Pematangsiantar, itu merupakan jalan tol tahap satu penyelesaiannya,” jelas Ergi Pramadita.

Lalu kapan 47 bidang itu terselesaikan? Ergi Pramadita mengatakan, terus dikoordinasikan ke para pihak terkait. “Masalahnya mungkin ini terjadi juga di ruas lain di Indonesia, adalah adanya permasalahan tanah eks HGU, yang mana merupakan tanah garapan masyarakat di atas tanah eks HGU. Itu mayoritas kendalanya di situ,” ujarnya.

Karena itu, Ergi mengatakan, proses penyelesaiannya cukup panjang. “Kami juga tidak bisa sendiri, harus melibatkan stakeholder Pemda pusat dan daerah. Jalur yang kami tempuh memang untuk kaitan penyelesaian proyek ini melalui jalur konsinyasi, untuk penyelesaiannya,” ujar Ergi.

Namun ditambahkannya, Jalan Tol Kuala Tanjung-Tebing Tinggi-Pematangsiantar ditargetkan harus selesai 2024 ini. “Khusus di seksi 4 kami targetkan selesai kontruksi ruas Serbelawan-Pematangsiantar, itu selesai di September 2024,” ujarnya.

EVP Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Tjahjo Purnomo, menambahkan, Tol Tebing-Siantar akan dibuka fungsional pada musim libur Lebaran 2024. “Sama seperti Nataru kemarin, tol Tebing ke Siantar ini dibuka fungsional pada Lebaran nanti,” tambahnya, seperti dikutip dari medanbisnisdaily.com, Senin (5/1/2024).

(KTS/rel)

banner 600x230

Respon (2)

  1. Padahal jika di buka saja untuk fungsional maka negara akan hemat APBN dari subsidi BBM. Karena dengan di bukanya tol ini , semua kendaraan akan hemat BBM.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *