UMKM  

Peran Penting Dekranasda Depok Majukan UMKM

Foto ilustrasi Dekranasda Kota Depok

STRATEGINEWS.id, Depok – Usaha Mikro Kecil dan Menengah [UMKM] di Kota Depok terus menggeliat. Hal ini tak lepas dari peran penting Dewan Kerajinan Nasional Daerah [Dekranasda] Kota Depok.

Ketua Dekranasda Kota Depok, Elly Farida mengatakan, pihaknya secara masif terus membantu pergerakan UMKM baik di tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan.

“ Dalam menjalankan peran penting tersebut, kami secara masif membantu pergerakan UMKM, baik di tingkat kota, kecamatan hingga kelurahan. Upaya yang dilakukan, mulai dari bazar sampai peningkatan kualitas dengan pelatihan atau workshop secara rutin,” kata Elly Farida, dilansir dari Antara, Rabu [26/4/2023].

Elly menambahkan, perlu dilakukan berbagai kolaborasi, diantaranya dengan Dinas Perdagangan dan Perindustrian [Disdagin] dan Dinas Koperasi dan Usaha Mikro [DKUM].

Dari bazar yang digelar, kata dia, memperlihatkan bahwa para pelaku UMKM terus berusaha meningkatkan kualitasnya.

Elly pun mencontohkan, seperti acara sarasehan istri Wali Kota se Indonesia di Jambi beberapa waktu lalu, yang merupakan rangkaian dari kegiatan Asosiasi Pemerintah Kota se-Indonesia [APEKSI] ternyata luar biasa di luar dugaan. Produk fashion yang ditampilkan teman-teman pelaku UMKM laku keras.

“ Ini satu upaya yang bisa dilakukan dalam meningkatkan omzet dari sisi pengusaha dengan kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Dekranasda,” terangnya.

Tak hanya itu, Elly menambahkan, terdapat juga kegiatan lain seperti pemasaran melalui pameran, bazar dan fashion show bekerja sama dengan desainer profesional. Kemudian juga optimalisasi Gedung Dekranasda Depok dan Alun Alun Kota Depok sebagai galeri atau gerai untuk menampilkan produk-produk UMKM.

“ Alhamdulillah, kita pun juga berusaha untuk melihat dari sisi yang humanis. Dekranasda melakukan kerjasama dan memberdayakan Perempuan Kepala Keluarga (PEKKA) serta penyintas KDRT,” ujarnya.

Di era teknologi digital seperti sekarang ini, kata Elly, pihaknya juga melakukan upaya pemasaran melalui platform online. Termasuk mendorong pelaku UMKM agar bisa membuka peluang pasar dengan melibatkan berbagai pihak.

Selain itu, Dekranasda Kota Depok juga telah menjalin kerjasama dengan brand-brand  yang sudah cukup terkenal, diantaranya Uniqlo. Mereka memberikan ruang bagi pelaku UMKM memamerkan produk di gerai-gerainya.

“ Ada di TSM (Trans Studio Mall Cibubur), The Park Sawangan, Margo City, ternyata mereka juga enggak kalah saing dan nggak kalah hebat. Ini menunjukkan Depok memiliki berbagai kreasi yang unik dan kualitas produk yang bagus,” ujarnya.

Elly mengungkapkan, untuk permodalan, pihaknya juga menjalin kerjasama dengan beberapa bank guna memfasilitasi para pelaku UMKM. Selain itu juga ada Permodalan Nasional Madani (PNM) yang siap membantu UMKM.

Sumber: Antara

[nug/red]

banner 600x230

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *