UMKM  

Ketum Komunitas UMKM Naik Kelas Raden Teddy: UMKM Terbukti Mampu Mendorong Kemajuan Ekonomi Negara

Raden Teddy Ketua Umum Komunitas UMKM Naik Kelas

STRATEGINEWS.Id, Jakarta –  Peran UMKM sangat besar untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia, dengan jumlahnya mencapai 99% dari keseluruhan unit usaha. Kontribusi UMKM terhadap PDB juga mencapai 60,5%, dan terhadap penyerapan tenaga kerja adalah 96,9% dari total penyerapan tenaga kerja nasional.

Hal itu disampaikan Ketua Umum Komunitas UMKM Naik Kelas Raden Teddy, kepada kinerjaekselen.co, Kamis 1 Juni 2023.

Raden Teddy mengatakan, UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07% atau senilai 8.573,89 triliun rupiah. Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap 97% dari total tenaga kerja yang ada serta dapat menghimpun sampai 60,4% dari total investasi. Namun, tingginya jumlah UMKM di Indonesia juga tidak terlepas dari tantangan yang ada.

“ Meskipun kecil, UMKM telah terbukti mampu mendorong kemajuan ekonomi negara. Keberadaan UMKM tidak dapat dihapuskan ataupun dihindarkan dari masyarakat bangsa saat ini. Karena keberadaannya sangat bermanfaat dalam hal pendistribusian pendapatan masyarakat,” kata Raden Teddy.

Teddy menambahkan, yang dibtutuhkan saat ini, adalah mendorong pelaku UMKM agar naik kelas, berdaya saing, dan mampu merebut pangsa pasar.

“ Untuk Naik Kelas, dibutuhkan perubahan dan semangat baru, harus yakin, dan semboyan “Saya siap naik kelas 2022” hari tertanam dibenak peserta MTUNK, agar fokus Naik Kelas di 2022,”Ujar Raden Tedy, menjelang detik – detik pergantian tahun baru 2022.Dalam kurun waktu 30 tahun terakhir, tidak ada perkembangan signifikan pelaku UMKM, dan cara – cara lama harus diubah dengan cara – cara baru, apalagi era teknolgi, UMKM harus melek digitalisasi,” ujarnya.

“Jangan bangga akan kekurangan kita, namun UMKM harus banyak belajar,” tuturnya.

Untuk mendorong para pelaku UMKM di Indonesia, kata Teddy, Komunitas UMKM Naik Kelas terus melakukan terobosan, salah satunya menggulirkan program 1000 Motivator Bisnis, yang akan dibimbing langsung oleh pakar ekonomi dan motivator Mario Teguh.

“ Komunitas UMKM Naik Kelas terus melakukan terobosan untuk mengedukasi pelaku UMKM di Indonesia, salah satunya melalui program 1000 motivator bisnis yang akan dibimbing langsung Bapak Mario Teguh. Kita berharap para motivator nantinya bisa menularkan ilmunya untuk mengembangkan UMKM di wilayahnya masing-masing,” ungkapnya.

[ nug/red ]

 

 

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *