Daerah  

Lapangan Merdeka Medan bakal ada basement dua lantai dengan aneka fasilitas

Penampakan panggung rakyat
banner 1600x820

STRATEGINEWS.id, Medan — Pemerintah Kota Medan tengah merevitalisasi Lapangan Merdeka Medan. Nantinya, bakal ada basement dua lantai dengan berbagai fasilitas, termasuk bioskop.

Berdasarkan data yang diperoleh dari Dinas Perumahan Kawasan Permukiman dan Penataan Ruang (PKPPR) Kota Medan, basement dua lantai itu akan menampung 425 lot parkir roda empat dan 381 lot parkir roda dua. Basement lantai 1 memiliki luas 20.290 meter persegi, sedangkan luas basement lantai 2 (lantai dasar) 21.369 meter persegi.

Kabid Penataan Ruang dan Lingkungan Dinas PKPPR Kota Medan, Ikhwanza Syahputra, mengatakan, setiap lantai akan memiliki fasilitas yang berbeda-beda. “Kedua basement yang dibangun di bawah permukaan Lapangan Merdeka ini memiliki sejumlah fasilitas yang berbeda,” katanya, Senin (29/5/2023).

Ikhwan menjelaskan, di basement lantai 1 akan ada kantor polisi, kantor pengelola kawasan cagar budaya, museum Kota Medan. Selain itu akan ada juga area untuk UMKM sebanyak delapan unit, area retail 23 unit, termasuk untuk parkir roda dua dan roda empat.

“Di samping itu basement lantai 1 juga memiliki area parkir untuk roda dua dan roda empat, musala, dan dilengkapi dengan toilet umum,” jelasnya.

Sedangkan basement lantai 2, kata Ikhwanza, terdapat hall Pemkot Medan, art gallery, auditorium (theater dua studio) dan area UMKM untuk delapan unit. Luas area UMKM tersebut disesuaikan dengan Peraturan Pemerintah (PP) No. 7/2021.

“Hal ini sesuai dengan PP No.7/2021 yang menyebutkan, setiap ruang publik harus mengakomodir space untuk UMKM sebanyak minimal 30 persen,” ucapnya.

Selain itu, basement lantai 2 juga memiliki area retail untuk 25 unit, ruang pengolahan sampah dan limbah, ruang utilitas seperti genset, panel, kendali operasional gedung, mekanikal. “Musala dan toilet umum juga ada di basement lantai 2,” ungkapnya.

Sedangkan untuk mengantisipasi banjir di basement akan dilakukan dengan sistem long storage dengan kapasitas 48 ribu meter persegi dan rehabilitasi saluran drainase eksisting. Air yang ada di long storage akan dibuang ke Sungai Deli dan sebagian lagi akan digunakan untuk kloset dan penyiraman tanaman.

“Air yang masuk ke dalam long storage akan disalurkan sebagian ke sistem drainase kota untuk diteruskan ke Sungai Deli, sedangkan sebagian lagi akan dimanfaatkan untuk flushing closet kamar mandi dan penyiraman vegetasi taman,” bebernya.

Sedangkan di permukaan Lapangan Merdeka, kata Khwanza, akan ada panggung rakyat berukuran 1.859,7 meter persegi, lintasan jogging lebih kurang panjang 400 meter, lapangan olahraga dan alat olahraga outdoor, ruang terbuka publik dan skate park. Kemudian ada juga taman, area bermain anak, dry mountain waterplay serta Tugu Proklamasi yang ditata ulang agar kesan monumentalnya terasa kuat.

(KTS/rel)

banner 1600x820

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *