STRATEGINEWS.id, Medan — Gubernur Sumatra Utara (Gubsu) Edy Rahmayadi mengaku banyak menerima pengaduan masyarakat terkait dengan tidak mengalirnya air ke rumah masyarakat di sejumlah titik di Kota Medan.
Gubsu mengingatkan agar hal itu tidak terjadi lagi. Sebab menurutnya, air merupakan kebutuhan prioritas masyarakat. Karena itu Tirtanadi harus menemukan solusi dari setiap masalah yang terjadi.
Gubsu pun menegur manajemen Perumda Tirtanadi. Jangan karena perbaikan parit, menjadi alasan air tidak mengalir ke rumah masyarakat pelanggan.
“Kebutuhan air ini tidak bisa ditunda, misalkan karena perbaikan parit dan terimbas ke pipa air, maka harus dicarikan solusinya, jangan sampai air itu tertunda untuk masyarakat. Kalian harus konsekuen dengan penyediaan kebutuhan air ini,” ujarnya.
Hal itu dikatakan Gubsu saat peresmian Drive Thru Perumda Tirtanadi di Kantor Pusat Perumda Tirtanadi, Jalan Sisingamangaraja Medan, Kamis (25/5/2023).
Gubsu juga mengingatkan Tirtanadi konsisten mengejar kuantitas target pemenuhan kebutuhan air 1.100 liter/detik untuk masyarakat sampai akhir 2024, di mana 1.100 liter/detik ini merupakan kekurangan dari kebutuhan air masyarakat seluruhnya sebesar 11.000 air/detik, yang saat ini baru terpenuhi 7.200 liter/detik.
“Bicara kuantitas, secara bertahap kita penuhi kebutuhan air ini. Baru selanjutnya kita bicara kualitas air yang kita targetkan PDAM ini dapat memenuhi kuantitas dan juga kualitas air,” kata Gubsu.
Dia menyambut baik peresmian layanan Drive Thru Tirtanadi tersebut. Dia menilai itu sebuah inovasi, yang tujuannya mempermudah masyarakat dalam pembayaran rekening air dan berbagai layanan lainnya.
“Tadi saya lihat, hanya membutuhkan waktu tiga menit saja proses drive thru itu berlangsung. Tentunya memberikan kemudahan kepada pelayanan ini,” ujarnya.
Sementara itu, Direktur Utama Tirtanadi, Kabir Bedi, mengatakan, layanan Drive Thru Perumda Tirtanadi ini merupakan pelayanan dalam hal pembayaran rekening air, pembayaran tunggakan rekening, pendaftaran pasang baru dan juga pembayaran pasang kembali.
“Layanan drive thru ini sebenarnya memberikan kemudahan kepada pelanggan yang sibuk, yang dapat singgah usai pulang kerja, karena kami buka sampai jam 6 sore (pukul 18.00 WIB),” katanya.
Menurut Kabir Bedi, dalam hal pelayanan pendaftaran pasang baru, masyarakat datang ke pelayanan Drive Thru hanya menyerahkan KTP saja, yang kemudian petugas nantinya akan datang melengkapi administrasi selanjutnya di rumah pelanggan tersebut.
Pelayanan Drive Thru ini juga nantinya akan diperbanyak di beberapa Kantor Cabang PDAM Tirtanadi, Kantor Pelayanan Pemerintah dan juga beberapa mal yang ada. Saat ini Pelayanan Drive Thru hanya dapat dilakukan di Kantor Pusat PDAM Tirtanadi Jalan Sisingamangarja Medan.
(KTS/rel)