POLRI  

Kapolres Bengkayang Pimpin Pengamanan Aksi Damai

banner 1600x820

STRATEGINEWS. Id. Bengkayang Kalbar – Kepala Kepolisian Resor Bengkayang Polda Kalbar AKBP Dr. Bayu Suseno, S.H., S.I.K., M.M., M.H. memimpin pengamanan aksi damai di Kantor Besar Ledo Lestari, Kecamatan Jagoi Babang Kabupaten Bengkayang Kalimantan Barat Selasa (23/5/23) pagi.

Pengamanan ini terkait mogok kerja massal dan aksi damai penyampaian pendapat di muka umum oleh karyawan dan buruh perusahaan perkebunan kelapa sawit PT. Agro Darmex Grup yang terakomodir oleh Serikat Buruh SP-PELIKHA wilayah Kabupaten Bengkayang dan Kabupaten Sambas.

Kapolres Bengkayang AKBP Dr. Bayu Suseno saat dikonfirmasi mengatakan bahwa dalam pengamanan ini pihaknya menurunkan sejumlah 91 Personel gabungan Polres dan Polsek Jagoi Babang, Polsek Siding, Polsek Ledo, Polsek Sanggau Ledo serta Polsek Seluas.

Pada kesempatan itu, Kapolres berpesan dan mengarahkan kepada anggota untuk melayani masyarakat pekerja kebun sawit yang ingin menyampaikan aspirasinya.

“Terkait adanya aksi damai ini, kami menurunkan sejumlah personel gabungan Polres dan Polsek. Hal tersebut guna mengantisipasi terjadinya aksi anarkis maupun gangguan kamtibmas pada saat pelaksanaan aksi damai,” ujar Kapolres.

“Layani dengan baik, jangan ada pelanggaran yang dilakukan oleh masyarakat maupun kita sebagai petugas pengamanan,” tambah Kapolres.

Kegiatan aksi damai, massa yang hadir kurang lebih berjumlah 3.000 orang yaitu gabungan SP-PELIKHA Kabupaten Sambas dan SP-PELIKHA Kabupaten Bengkayang serta Karyawan dan Buruh wilayah Kab. Sambas yang terdiri dari PT. Wirata 1 dan 3, PT. WHS 1,2 dan 3 dan Karyawan dan Buruh wilayah Kabupaten Bengkayang terdiri dari PT. CP 1,2 dan 3 dan PT. Ledo 3.

Saat dilakukan mediasi yang dihadiri Kapolres Bengkayang, Kapolres Sambas, Kabagops Polres Bengkayang dan Kabagops Polres Sambas, Manager HRD PT. Agro Darmex Group Regional Kalbar, Camat Sajingan Besar, Ketua Umum serikat pekerja Pelikha, Perwakilan Pelikha Kabupaten Sambas dan Perwakilan Pelikha Kabupaten Bengkayang.

Dalam mediasi, Kapolres Bengkayang mengucapkan terima kasih karena kehadiran karyawan dalam menyampaikan aspirasi dapat secara kondusif.

” Ia juga mengatakan mengenai tujuan kehadiran Polri dalam pengamanan aksi damai ini.

“Terima kasih atas kehadiran karyawan yang tetap menjaga kondusifitas selama aksi damai berlangsung, tentunya Polri hadir ditengah-tengah ini guna mengawal dan memastikan keamanan kita semua selama aksi damai berlangsung,” ucap Kapolres.

Penyampaian aksi damai selesai sekira pukul 14.20 wib dan berjalan dengan aman dan kondusif. Kapolres Bengkayang mengucapkan terima kasih kepada personel pengamanan serta kepada peserta aksi damai sehingga aksi damai dapat berjalan sesuai harapan bersama.

Kemudian Koordinator lapangan Mulyanto dalam mediasi tersebut menyampaikan ucapkan terima kasih karena diberikan ruang dalam menyampaikan aspirasi.

Mulyanto mengatakan, bahwa tuntutan para karyawan adalah hak dan kesejahteraan karyawan agar diperhatikan dan di penuhi, jika ada kesepakatan terkait itu maka peserta aksi damai dapat kembali dengan tertib.

Adapun beberapa tuntutan karyawan sebagai berikut:
1. Pembayaran premi dan gaji tepat waktu pada tanggal 5 dalam bulan (realisasi 1 bulan).

2. Karyawan tidak didaftarkan dalam BPJS, dengan alasan disiapkan klinik, namun klinik tidak mengcover penyakit berat. Sehingga karyawan dapat BPJS (realisasi 6 bulan).

3. Tuntutan Pesangon kepada karyawan yang mengundurkan diri dihitung sesuai masa kerja, mengikuti formula masa kerja (realisasi 1 bulan).

4. Upah jenjang, kenaikan grade karyawan yang sudah bekerja lebih dari 10 tahun tidak boleh dibawah 2 juta (realisasi 1 bulan).

5. Karyawan yang mendekati masa pensiun, berhak di PHK dengan mendapatkan pesangon (realisasi 1 bulan).

6. Karyawan mendapat Jaminan asuransi kecelakaan (realisasi 1 bulan).

7. Kesejahteraan karyawan berupa air bersih, hunian dan penerangan dari perusahaan (realisasi 12 bulan) serta alat kerja perlengkapan kerja disiapkan perusahaan (realisasi 1 bulan).

8. Perjanjian kerja bersama (realisasi 12 bulan).

(sartiman)

banner 1600x820

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *