Daerah  

Pemkab Wajo Himbau Masyarakat Waspada Berbagai Modus Penipuan

banner 1600x820

Strateginews.co, Wako (Sulsel) — Pemerintah Kabupaten Wajo menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk berhati-hati dalam bermedia sosial. Pasalnya, berbagai modus penipuan belakangan ini terjadi melalui media sosial.

Himbauan tersebut disampaikan oleh Kepala Bidang Humas Dinas Kominfotik Kabupaten Wajo, Safaruddin pada Jum’at (19/5/2023). Menurutnya, beberapa waktu terakhir ini beberapa ASN diambil alih akun Whatsapp nya karena motif undangan dalam bentuk aplikasi (apk) yang dikirimkan ke nomor korban.

Terbaru, lanjut pria yang akrab disapa Safar ini, ada modus penipuan yang mengatasnamakan Bupati Wajo, Bapak Amran Mahmud yang menyasar ke pengurus masjid.

“Beberapa hari lalu, ada oknum yang menghubungi salah seorang panitia pembangunan masjid di Wilayah Kecamatan Tempe dan meminta nomor rekening Masjid. Oknum tersebut mengaku diminta oleh Bapak Amran Mahmud untuk menyalurkan bantuan pembangunan untuk masjid tersebut,” katanya.

Bahkan, kata Safar, Oknum ini mengirimkan bukti atau resi transferan ke pengurus untuk meyakinkan bahwa telah dikirim Rp39 juta rupiah ke rekening Masjid. Catatannya bahwa Rp30 juta untuk masjid dan Rp9 juta untuk salah satu panti asuhan.

Oknum ini kemudian meminta untuk segera disalurkan untuk panti asuhan saat itu juga dengan alasan bahwa programnya harus hari itu, sementara menjelang magrib, bank sudah tutup sehingga tidak ada kesempatan bagi pengurus untuk mengecek kebenaran transaksi tersebut.

“Pengurus masjid kemudian diminta untuk mengupayakan Rp9 juta untuk dikirimkan ke Panti Asuhan yang ditentukan si Oknum ini berikut nomor kontak panti yang pasti bukan kontak asli panti tersebut. Untungnya, pengurus masjid langsung memblokir dan modus penipuannya gagal,” ucap Safar.

Safar berharap agar kejadian seperti ini menjadi pelajaran untuk tidak percaya dengan iming-imingan apapun, apalagi jika mendapatkan pesan dari orang yang tidak dikenal. Sebaiknya diklarifikasi dan ditanyakan lebih dahulu.

“Untuk yang mengatasnamakan Bupati, Wakil Bupati, Sekda dan seluruh jajaran Pemerintah Kabupaten Wajo, bisa langsung menanyakan ke layanan aduan online dengan chat Wa ke nomor 081144301212,” pungkasnya.

(Takbir)

banner 1600x820

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *