Sandiagan Uno: “Program Wirausaha Muda & Perempuan Pengusaha” Mampu Bangkitkan Perekonomian Depok Jabar

Menparekraf Sandiaga Salahudin Uno
banner 1600x820

STRATEGINEWS.Id, Depok  – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Kepala Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf/Kabaparekraf), Sandiaga Salahuddin Uno, mengungkapkan program Wirausaha Baru & Perempuan Pengusaha yang diinisiasi oleh Pemerintah Kota Depok, Jawa Barat, mampu membangkitkan perekonomian dan membuka lapangan kerja di Depok.

Dalam acara kick off program “Wirausaha Baru & Perempuan Pengusaha” di Hotel Bumi Wiyata, Depok, Selasa (30/5/2023), Menparekraf Sandiaga mengatakan Depok merupakan kota yang sangat strategis dalam hal pengembangan subsektor ekraf.

“Depok ini adalah kota yang bisa kita angkat sebagai ekosistem 17 subsektor ekonomi kreatif kita dengan kekhususan di bidang yang berkaitan dengan hajat hidup orang banyak,” kata Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga menilai Depok memiliki peran yang sangat penting dalam upaya mencapai Indonesia Emas tahun 2045. Karena Depok memiliki salah satu universitas terbaik di Indonesia dan Asia, yaitu Universitas Indonesia.

“Saya yakin Indonesia Emas ini bisa tercapai jika 70 persen dari (penduduk) usia produktifnya ini dalam 13-15 tahun ke depan ini mengkonversi peluang-peluang kreativitas yang tinggi dan juga rasa percaya diri yang lebih besar,” katanya.

Oleh karena itu, Menparekraf Sandiaga pun mendorong agar para pelaku UMKM di Depok untuk memanfaatkan digitalisasi informasi secara maksimal seiring dengan semakin kuatnya digitalisasi di berbagai lini kehidupan. “Saya selalu bilang kepada teman-teman wirausaha baru dan perempuan pengusaha jika kita tidak terdigitalisasi, maka kita akan tereleminasi,” kata Sandiaga.

Menparekraf Sandiaga menuturkan UMKM memiliki peran penting dalam meningkatkan  perekonomian masyarakat Indonesia. Diketahui, 97 lapangan kerja di Indonesia tercipta di sektor UMKM.

Sehingga, program ini dinilai sebagai program yang tepat untuk menciptakan peluang usaha dan lapangan kerja. “Ini akan menghasilkan dua solusi besar yaitu penciptaan lapangan kerja dan juga kestabilan harga-harga bahan pokok,” kata Sandiaga.

Sementara itu, Sekretaris Daerah Kota Depok, Supian Suri menambahkan program ini diharapkan bisa menciptakan banyak wirausaha baru dan meningkatkan perekonomian di Kota Depok. “Kami berharap Kota Depok dengan bonus demografi lebih dari dua juta penduduknya, kemudian lokasinya yang strategis dan kemajuan teknologi ini akan mampu mempercepat kesejahteraan warga kota Depok dan mudah-mudahan program ini bisa segera dirasakan manfaatnya,” kata Supian.

Dalam acara ini Menparekraf Sandiaga didampingi Direktur SDM Ekraf Kemenparekraf/Baparekraf, Alexander Reyaan. Turut hadir pula Staf Ahli Menteri Koperasi dan UMKM Bidang Hubungan Antar Lembaga, Luhur Pradjarto.

[nug/rel]

banner 1600x820

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *