Sekolah Jangan Bunuh Bakat Dan Talenta Anak

Sarno, Kabid SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Donggala.

STRATEGINEWS.id,  Donggala – Even kegiatan Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) dan Festival Lomba Seni Siswa Nasional tingkat Sekolah Dasar di Kabupaten Donggala telah selesai di laksanakan. Dan kini para siswa-siswi yang berhasil meraih prestasi terbaik akan di persiapkan untuk ikut berlaga pada even selanjutnya di Propinsi Sulawesi Tengah.

Demikian di sampaikan Kadisdikbud melalui Kepala Seksi Pengembangan Karakter Peserta Didik SD, Try Satyani di Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Donggala, saat di konfirmasi di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Dipaparkannya, untuk para atlet yang di ikutkan pada even O2SN di Propinsi Sulawesi Tengah kita akan mengirim 10 atlet Sekolah Dasar (SD), terdiri dari 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan. Semuanya peraih medali emas atau juara 1 saat bertanding di tingkat kabupaten lalu.

Sarno, Kabid SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kab. Donggala.

“Ada 10 atlet tingkat SD yang dikirim bertanding ke Propinsi Sulawesi Tengah, 5 anak laki-laki dan 5 anak perempuan, mereka semua peraih medali emas di 5 cabor yang helat di Kabupaten kemarin. Yaitu para pemenang peraih medali emas, Cabor atletik, badminton, renang, pencak silat dan karate.” Sebut Try.

Adapun yang di ikutkan dalam lomba FLS2N di Propinsi Sulawesi Tengah lanjutnya, juga di ikutkan 10 anak untuk berkontestasi dalam ajang tersebut. Dan untuk FLS2N ini metode lombanya hanya dengan mengunggah video kreasi sesuai dengan talenta dan bakat anak itu sendiri dan ini berbeda dengan O2SN yang bertanding secara langsung.

“Dalam even FLS2N ini berbeda, anak tidak berlomba secara langsung, tapi metode lombanya dengan cara mengunggah video mereka sesuai dengan jenis yang di lombakan. Di ajang FLS2N ada 5 yaitu menyanyi solo, gambar bercerita, seni tari, pantomim dan kriya. Walaupun hanya 5 jenis lomba, tapi kami ikutkan 10 anak, 5 yang juara 1 dan 5 anak yang juara 2 terdiri dari putra dan putri.” Terang Try.

Secara terpisah, Kepala Bidang SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Donggala, Sarno mengatakan, para atlet dan anak-anak usia SD peserta lomba ini di harapkan memiliki karakter dan mental juara saat berlaga dan berlomba di even O2SN dan FLS2N di Propinsi Sulawesi Tengah nanti.

“Saya berpesan, agar mereka mewakili Kabupaten Donggala bisa meraih prestasi gemilang dan meraih medali emas serta merah medali emas. Karena kontestasi ini selain, sebagai pengembangan bakat dan talenta peserta didik di tingkat SD, juga menjadi generasi emas untuk Indonesia.” Tegas Sarno.

Makanya di tekankan kepada seluruh Sekolah Dasar paparnya, agar tidak ragu dalam menggunakan anggaran dana BOS di sekolah untuk pengembangan bakat dan talenta anak di usia dini di tingkat SD. Karena dengan mempersiapkan mental dan Latihan secara maksimal, anak-anak yang memiliki bakat dan talenta di bidang olah raga dan seni di pastikan meraih prestasi membanggakan bagi daerah Donggala.
“Jangan membunuh bakat dan talenta anak, hanya karena alasan ragu gunakan anggaran di sekolah, karena even O2SN dan FLS2N ini adalah ajang lomba rutin setiap tahun dan bertujuan untuk Pendidikan terutama dalam pengembangan bakat dan talenta dalam bidang olahraga dan seni yang di miliki anak.” Tukas Sarno.

DAD

banner 600x230

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *