Ratusan Warga Purwakarta Keracunan Makanan Usai Menyantap Makanan Hajatan

Foto ilustrasi/istimewa

STRATEGINEWS.id, Purwakarta – Ratusan warga di Kabupaten Purwakarta keracunan usai menyantap makanan hajatan.

“Jumlahnya 114 warga,” kata Kapolsek Pasawahan, AKP Ali Murtadho dalam keterangannya, Rabu (17/5/2023).

“97 korban tercatat sebagai warga Kampung Cisarai, Desa Sukajadi, Kecamatan Pondoksalam, dan 17 korban tercatat sebagai warga Kampung Bumisari, Desa Parakanlima, Kecamatan Jatiluhur,” tambahnya.

Insiden berawal dari ratusan orang menghadiri pernikahan warga di Kampung Sukamaju, RT 014/RW 007 Desa Sukajadi, Kecamatan Pondoksalam, Kabupaten Purwakarta, pada Minggu (14/5/2023).

Lalu, pada Selasa (16/5/2023), Balai Pengobatan Puskesmas Pondoksalam kedatangan delapan warga yang mengeluhkan mual, muntah, dan diare akut. Jumlah orang yang keracunan diduga usai mengkonsumsi makanan berkat dari hajatan pernikahan bertambah hingga 114 orang pada Rabu (17/5/2023).

Kasus keracunan makanan berkat dari hajatan pernikahan masih dalam penyelidikan. Sampel uji sisa makanan hajatan dari Puskesmas Pondoksalam sudah diserahkan ke laboratorium Dinas Kesehatan Kabupaten Purwakarta untuk dilakukan pengecekan.

Sebagian warga yang dirawat di RSUD Bayu Asih Purwakarta sudah mulai membaik. Puskesmas Pondoksalam membuka posko pengobatan di lokasi kejadian. Di sisi lain, disediakan mobil ambulans desa jika ada korban keracunan yang parah dan perlu dirujuk ke RSUD Bayu Asih Purwakarta

[asumsi/red]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *