Daerah  

Dukung Pemberdayaan Kelompok Tani, Pj Wali Kota Serahkan Bantuan Bibit Tanaman

STRATEGINEWS.id, Cirebon – Pj Wali Kota Cirebon Drs H Agus Mulyadi MSi hadir dalam kegiatan penyerahan bantuan bibit tanaman di Kantor Kelurahan Kalijaga, Jumat (28/6/2024). Hadir pula dalam kegiatan Pj Sekda Kota Cirebon, M Arif Kurniawan ST, dan Pj Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kota Cirebon, Hj NR Madyawati SH MPd.

Kegiatan diinisiasi oleh TP PKK Kota Cirebon bersama dengan Dinas Ketahanan Pangan Pertanian dan Perikanan (DKP3) Kota Cirebon.

Penyerahan bibit tanaman diberikan kepada kelompok tani di RW 15 Permata Harjamukti Selatan, Kalijaga, Harjamukti. Pj Wali Kota mengapresiasi kepada kelompok tani di RW 15 Permata Harjamukti Selatan yang bisa memanfaatkan lahan.

“Selain optimalisasi lahan yang ada, mudah-mudahan bantuan bibit tanaman ini bisa menjadi nilai ekonomi, pemberdayaan kelompok tani,” ujarnya.

Tak hanya itu, kata Pj Wali Kota, penyerahan bibit tanaman holtikultura ini juga bagian dari upaya untuk pengendalian inflasi. Selain pemanfaatan lahan untuk tanaman hortikultura, RW 15 melakukan budaya ikan.

“Budidaya ikan tentunya sebagai upaya juga untuk percepatan penurunan stunting. Semoga lahan yang sudah dimanfaatkan berdaya guna, tidak saja untuk ketahanan pangan di masyarakat tapi bisa sebagai wisata edukasi hortikultura,” harapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Ketahanan Pangan, Pertanian dan Perikanan (DKPPP) Kota Cirebon, Elmi Masruroh mengatakan, bantuan yang diberikan untuk kelompok tani di RW 15 berupa bibit tanaman hortikultura seperti cabai, kangkung dan lainnya.

“Ada bantuan alat hand sprayer, pupuk organik, dan bibit tanaman obat seperti kunyit, jahe, dan kencur,” ujarnya.

Elmi menjelaskan, pemberian bibit tanaman ini berasal dari bantuan Provinsi. Ia menambahkan bantuan ini sebagai salah satu bentuk dukungan dan apresiasi terhadap upaya kelompok tani dalam meningkatkan produksi pertanian lokal.

“Dengan harapan dari bantuan bibit tanaman ini dapat meningkatkan hasil panen, sehingga kebutuhan pangan tercukupi,” harapnya.

[hisam]

banner 600x230

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *