Risdiana Wiryatni: Untuk Mencapai Kualias Demokrasi Diperlukan Etika dan Moral Politik

Direktur Eksekutif Strategi Foundation Risdiana Wiryatni

STRATEGINEWS.id, Depok – Pilkada serentak 2024, dijadwalkan pada bulan November mendatang. Dinamika politik sudah mulai menghangat, dengan munculnya sejumlah tokoh yang akan bertarung di daerahnya masing-masing.

Sebagaimana pelaksanaan pemilihan umum (pemilu) yang sudah terselenggara dengan tertib, aman  dan lancar pada bulan Februari kemarin, harapannya pilkada serentak juga akan terselenggara dengan tertib, aman dan lancar.

Direktur Eksekutif Strategi Foundation Risdiana Wiryatni mengatakan, untuk mencapai kualitas demokrasi, diperlukan komitmen bersama untuk menjaga etika dan moral dalam berpolitik.

Menurut dia, etika dan moral yang sehat dalam perpolitikan tanah air, harus bisa memberikan harapan positif bagi lapisan masyarakat dalam menikmati perjalanan kehidupan berbangsa dan bernegara.

“ Perlu dibangun kesadaran bersama untuk mensukseskan Pilkada 2024 dengan demokrasi yang sejuk. Sistem politik uang dan politik pecah belah bangsa oleh ego sektoral untuk kepentingan sudah harus ditinggalkan,” kata Risdiana, melalui keterangan, Sabtu [15/6/2024].

Untuk menciptakan demokrasi yang sejuk, kata Risdiana, para politisi, tokoh masyarakat dan tokoh agama diharapkan mampu memberi contoh dengan membangun sistem pendidikan dalam berpolitik dengan mengedepankan akhlak dan kepribadian.

“ Mari berkompetisi yang sehat, dengan mengedepankan moral politik untuk menjaga keharmonisan hubungan sosial antar sesama pelaku politik serta memberikan edukasi politik yang sejuk dan sehat,” pungkas Risdiana.

[red]

banner 600x230

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *