Ketua DPC PWRI Kuningan Cecep Muhidir: Hari Lahir Pancasila Momentum Perkuat Nasionalisme Kebangsaan

Cecep Muhidir

STRATEGINEWS.Id, Jakarta – Momentum Hari Lahir Pancasila perlu dimanfaatkan untuk memperkuat rasa persatuan dan kesatuan, menjaga kebersamaan, menghargai perbedaan dan memperkuat rasa kebangsaan.

“Pancasila sendiri merupakan nilai-nilai luhur yang digali dari budaya bangsa di nusantara dan memiliki nilai dasar kehidupan manusia yang diakui secara universal dan berlaku sepanjang zaman,” kata Cecep Muhidir, Kamis, 1 Juni 2023.

Kemudian Cecep  menyampaikan bahwa nilai-nilai luhur tersebut merupakan hasil kontemplasi dan perenungan panjang Ir. Soekarno yang didasarkan pada pemahaman dinamika geopolitik bumi nusantara secara utuh.

Cecep menegaskan bahwa sebagai dasar negara, Pancasila merupakan ideologi, pandangan dan falsafah hidup yang harus dipedomani bangsa Indonesia dalam menjalani kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Hari Lahir Pancasila merupakan hari lahirnya sebuah dasar ideologi dan konstitusi bangsa yang wajib untuk diperingati dan direfleksikan sebagai penanda jiwa kebangsaan. Peranan sebagai anak bangsa, seperti pejabat dan penyelenggara pemerintahan harus bisa menumbuhkan rasa patriotisme kebangsaan kepada para penerusnya,” kata Cecep Muhidir

Oleh sebab itu, Ketua DPC PWRI Kabupaten Kuningan, Jawa Barat ini mengajak seluruh komponen masyarakat untuk merefleksikannya demi tercipta tatanan kenegaraan dan tata kehidupan berbangsa dan bernegara  yang baik.

Menurutnya, para generasi penerus perlu ditanamkan pemahaman akan berartinya jiwa patriotisme.

Hal tersebut merupakan amanat dari para pendiri bangsa, dimana kebangsaan dan jiwa kenegarawan serta cinta tanah air melalui Pancasila harus terus di jaga, karena, Pancasila merupakan dasar-dasar kehidupan bangsa Indonesia.

“Pancasila tidak datang dengan ide dan gagasan secara tiba-tiba, melainkan dengan proses dan perjuangan yang begitu panjang. Tentunya, ini menjadi sebuah tantangan bagi kita, bagaimana cara kita kembali meneruskan kepada para generasi selanjutnya. Karena sikap kita saat ini merupakan cerminan yang akan menjadi pembakar semangat anak-anak di masa yang akan datang,” ucapnya.

Ceceo menegaskan, semangat hidup ber-Pancasila harus dibumikan kembali, terutama kepada generasi muda yang kelak akan menerima tongkat estafet kepemimpinan bangsa. Jika tidak, maka derasnya arus informasi yang bertebaran bisa menjadi ancaman.

Minimnya pemahaman terhadap nilai-nilai Pancasila, kata dia, dapat menyebabkan generasi muda bersikap individualistis dan tidak mempunyai pegangan di tengah arus informasi global.

Karena itu, dia menekankan pentingnya kembali nilai-nilai Pancasila di kalangan generasi muda dengan cara yang bisa mereka pahami.

“Saya pikir harus ada strategi khusus untuk menanamkan ruh dan nilai-nilai Pancasila kepada generasi muda.  Mereka ini pola pikirnya sudah berbeda zaman dengan kita yang lahir di era 70-an,” pungkasnya.

[jgd/red]

banner 600x230

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *