Budaya  

Abu Nafi: Mari Lestarikan Dan Pertahankan Seni Budaya Di Era Modern

STRATEGINEWS.id, Blora – Hadirnya seni budaya diharapkan mampu mempererat tali kerukunan bangsa dan negara, seperti halnya Sunan Kalijaga dalam berdakwah di masa lalu.

Hal itu disampaikan Anggota DPRD Komisi B Provinsi Jawa Tengah dari Partai PPP, H. Abu Nafi, SH, saat menghadiri sosialisasi kebijakan melalui media tradisional dengan mengangkat tema ‘Seni Budaya Sebagai Perekat Kebhinekaan Bangsa’ di Gedung NU, Kelurahan Mlangsen, Kecamatan Blora Kota, Minggu (30/4/2023).

Acara yang dihadiri puluhan wartawan dan dimeriahkan oleh angklung jalanan New Arles, seni tari tradisional dari Sanggar Tari Sekar Melati, politisi senior dari partai bergambar ka’bah itu menambahkan upaya melestarikan budaya leluhur bangsa, para seniman tetap eksis dan bisa di nikmati masyarakat umum, seperti hadirnya perjuangan seniman jalanan di Blora.

“Sangat menghormati perjuangan seniman seniman di jalanan Blora, berikanlah kesempatan bagi mereka untuk tampil dan dikenal melalui berbagai media,” kata Abu Nafi

Menurutnya kebudayan merupakan acara yang dinamis dan selektif. Kebudayaan berfungsi untuk mengatur manusia dalam bertingkah laku, menjaga dengan baik kebudayaan lokal sebagai upaya untuk mempertahankan identitas bangsa, menjaga kerukunan berbangsa dan bernegara.

Seni budaya merupakan hal penting bagi kehidupan masa depan berbangsa dan bernegara, generasi penerus serta dapat memupuk rasa nasionalisme.

“Jangan mudah terpengaruh dan tidak mudah untuk di masuki oleh budaya asing,” imbuh Mbah Abu.

Menurutnya, begitu banyak warisan budaya yang mendunia di antaranya Angklung, Wayang Kulit, Batik, Reog, Seni Ukir, Seni Grabah dan masih banyak lagi kesenian yang perlu kita jaga.

“Mari jaga, lestarikan dan pertahankan, serta kita tingkatkan agar tidak hilang di era modern dan era global seperti saat ini,” terangnya.

Di tambahkan Abu Nafi pihaknya sengaja mengundang para pelaku seni,terutama pemain angklung yang selama ini berada di jalanan.

“Mereka mereka inilah yang memang uri uri seni,jangan anggap remeh dia”, tegas mbah Abu panggilan akrabnya di hadapan para awak media.

[tohari]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *